Seni Silat Keluarga Besar Tanah Abang (Sikelabang)

Perguruan silat Sikelabang adalah singkatan dari Seni Silat Keluarga Besar Tanah Abang. Berdiri pada Maret 2010 di bawah pimpinan Bang Wahyudin atau akrab dipanggil Komeng. Bang Komeng lahir di Jakarta, 24 Juni 1968.

Sejarah berdirinya perguruan Sikelabang dilatarbelakangi oleh semangat mengembangkan silat aliran Sabeni setelah bang Komeng cs diminta tampil di acara Pendekar yang disiarkan oleh TV Trans7 pada awal 2010. Bang Komeng bersama dengan bang Rasyid atau akrab dikenal bang Ape’ belajar silat aliran Sabeni dari alm. Bang Tardi, Gg Mess dan H. Holid. Bang Tardi dan bang H. Holid belajar silat aliran Sabeni kepada alm. Cing Mustofa bin Sabeni. Alm Cing Mustofa sendiri adalah anak kandung dari Kong Sabeni.

Perguruan Sikelabang sekarang berkembang menjadi sebuah organisasi yang mewadahi beberapa aliran silat yang ada dan berkembang di wilayah Tanah Abang antara lain aliran silat Sabeni dari Cing Mustofa, aliran Rachmat dari Cang Dus, aliran Sendeng Pukul Tujuh dan aliran kungfu Hua Juen / Ho Quan dari Bang Dayat.

Adapun susunan pengajar di perguruan Sikelabang sbb :

- Rachmat Cang Dus & Sendeng Pukul Tujuh : Bang Anang

- Sabeni Cing Mus : Bang Rasyid / Ape’, Bang Komeng dan Bang Made

- Kungfu Hua Juen / Ho Quan : Bang Riyan

Sekretariat perguruan Sikelabang :

Jl. KH. Mas Mansyur

Gg. Mess BTN Dalam

Rt 003 / Rw 016 No. 8

Tanah Abang – Jakarta Pusat

Telp. 0858-10103353

Email : abi.miqdad@yahoo.co.id

Tempat latihan di Gg Mess BTN Dalam dan Masjid Jami’ Al Makmur, Tanah Abang

Jadwal latihan setiap hari mulai pk 20.00 – 22.00 WIB

 

 

 

Switch to our mobile site

Top